Handrian Okt

Handrian Okt

Your Best Partner Invesment & Trading

FILOSOFI DASAR PEMIKIRAN TEKNIKAL ANALISIS

FILOSOFI DASAR PEMIKIRAN TEKNIKAL ANALISIS

Pendekatan Teknikal analisis, terdapat 3 Premis besar.

  1. Aksi pasar Telah memperhitungkan segalanya (Market Action Discount Everything)
  2. Harga Bergerak dalam tren. (Maket move in trend)
  3. Sejara berulang dengan sendirinya. (History repeat it self)

AKSI PASAR MEMPERHITUNGKAN SEGALANYA

Dalam pernyataan “Aksi pasar memperhitungkan segalanya” membentuk apa yang menjadi landasan Teknikal analisis. Dalam premis pertama ini harus diterima seutuhnya. Para pelaku pasar percaya bahwa segala sesuatu yang dapat mempengaruhi pasar, baik secara fundamental, politisi, psikologi, ekonomi, dan sebagainya, sebenarnya sudah tercermin didalam harga pasar itu sendiri. Pergerakan harga mencerminkan perubahan dari adanya penawaran dan permintaan. Jika permintaan lebih besar dari pada penawaran maka harga akan naik, begitu pula sebaliknya jika penawaran lebih besar dari pada permintaan, maka harga akan turun.

Kebanyakan pelaku pasar setuju bahwa didalam kekuatan yang mendasari penawaran dan permintaan, fundamental ekonomi didalam suatu pasar, yang menyebabkan harga bergerak naik atau turun. Didalam chart sendiri tidak menyebabkan pasar naik atau turun, melainkan hanya mencerminkan psikologi dari pelaku pasar. Dengan mempelajari chart harga dan sejumlah indikator pendukung, memungkinkan para pelaku pasar mengetahui kemungkinan besar pergerakan harga pasar kedepan. Ini semua bukan untuk menerka harga pasar, Namun mereka hanya tidak percaya bahwa sebab-sebab tersebut merupakan aspek yang penting didalam proses forecaseting.

HARGA BERGERAK DIDALAM TREND

Premis kedua yang sangat penting didalam teknikal analisis adalah konsep dari tren. Tujuan utama mencatat aksi harga pasar adalah untuk mengetahui kecenderungan pergerakan harga akan naik atau turun. sebagian besar teknik yang digunakan dalam pendekatan ini bersifat “trend-following” dalam artian maksud dan tujuan untuk mengidentifikasi arah tren yang telah ada sebelumnya. Trend mempunyai kecenderungan melanjutkan arah trend, dibading kemungkinan untuk berbalik arah. Dalil ini diadaptasi dari hukum gerak Newton yang pertama.

SEJARAH BERULANG DENGAN SENDIRINYA.

secara psikologi, natur manusia adalah melakukan hal yang sama berulang – ulang. sehingga manusia bisa melakukan kesalahan yang sama terus berulang kali. sehingga dasar pemikiran inilah menjadi dasar didalam aksi pasar, dikarenakan pasar merupakan aksi penawaran dan aksi permintaan oleh manusia itu sendiri. sehingga, apa saja yang tertuang didalam chart akan berulang dengan sendirinya.

untuk analisa teknikal akan dipelajari satu persatu untuk memahami dasar basic dari analisa teknikal itu sendiri.

 

Referensi : Technical Analysis of the Financial Market. By John J. Murphy

1 Comment

DROP A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us